RSS

IT

 

Diagnosa PC dalam Jaringan LAN

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Assalamu’alaikum…ayyuhal ikhwah…

gimana kabar antum semua…??? ,wah kliatanya baik semua ni ya…

ok! langsung saja ya… pada kali ini kita akan membahas tentang “bagai mana cara mendiagnosa PC dalam jaringan LAN.?” adakah yang tau diantara kalian semua..???  wah dari judulnya aja udah membuat pusing…

ya..kita khusnudzan aja deh…semoga ini tidak membuat pusing antum semua…

karena ini hanya suatu pelajaran yang sangat membutuhkan konsentrasi yang serius sekali… karena itu tidaklah mudah bagi pemula..

kita mulai dulu dengan basmallah n jangan lupa berdo’a semoga diberi ilmu yang bermanfaat….
ok! kali ini  saya  ingin memberikan  sedikit ilmu yang saya peroleh ketika mengikuti KBM di sekolahan, ya semoga ini bermanfaat bagi antum semuanya..

adapun permasalahan yang sering  kali terjadi pada komputer yang terhubung dalam jaringan yaitu “Troubleshoting PC di dalam jaringan LAN” dan bagai mana cara mengatasi permasalahan tersebut, kurang lebihnya begitu..

ok! langsung saja, adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan yaitu :

  • pertama , pastikan komputer kita sudah dialiri listrik terlebih dahulu.
  • Setelah itu, kita lakukan diagnosa hardware yang kita gunakan dalam jaringan komputer kita yaitu LAN Card/NIC <Network Interface Card> dengan cara : Klik kanan My Computer -> pilih properties -> klik pada tab Hardware -> klik Device Manager ,ato seperti langkah pada gambar di bawah ini..
  • nah jika NIC sudah terinstall/terpasang dengan baik…maka kita tidak akan mendapati tanda tanya (?) ,seru (!) pada iconnya! Dan kalau terdapat tanda tanya pada iconnya maka kita perlu menginstall driver NIC komputer kita kembali supaya bisa berfungsi kembali
  • Langkah selanjutnya yaitu kita mengecek kabel yang terpasang pada komputer dan switch/hub. Agar koneksi bisa tersambung antar  komputer kita dengan komputer yang lainnya,tentunya yang terhubung dengan kabel. Nha, itulah sebabnya kita harus sering-sering mengecek kondisi kompter kita! Yang lebih dahulu kita cek yaitu sambungan kabel ke komputer dan jika tidak ada masalah kita lanjutkan dengan mengecek sambungan kabel ke Modem.
  • Salah satu tanda jika sambungan kabel ke modem tidak error yaitu kita bisa melihat pada lampu lednya, kita lihat terlebih dahulu tu lampu nyala pa nga’..??? dulu kita menancapkan kabel UTP dari komputer kita ke port nomor berapa.?? Jika kita menancapkan ke port nomer 2 maka lampu led yang hidup adalah nomor 2. begitu pula seterusnya…
  • Jika permasalahan pada hardware sudah selesai,nah baru kita lakukan pengetesan jaringan dengan melakukan penge-pingan dengan menggunakan Command Prompt. ikutilah langkah-langkah seperti berikut ini: Buka command prompt -> lalu ketikkan ping_alamat ip/URL komputer yang ingin kita tes. Misal : ping 192.168.1.1.

  • jika jaringan dalam keadaan normal, pasti akan ada jawaban dari komputer satunya.Tapi jika tidak muncul gimana nich…jika tidak muncul jawaban dari komputer yang satunya..pasti akan muncul kalimat “Destination host unreachable” nah… itu artinya jaringan masih dalam tahap pencarian dan kita perlu menunggu sebentar, lagi-lagi kesabaran kita di tes nich…. Dan jika sudah selesai maka akan normal kembali
  • Dan jaringan siap digunakan lagi….

wah mudah sekali bukan..???
alhamdulillah…sudah selesai….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: